Apr 19 2010

Penggunaan Media Informasi Internet untuk Menjaring Pasar Digital di Indonesia

By Rheza Sulaiman

Trend Bisnis e-commerce

Shopping Chart

Shopping Chart

Bisnis internet merupakan bisnis yang tidak ubahnya dengan berbisinis secara konvensional seperti yang telah kita ketahui bersama. E-commerce merupakan perdagangan elektronik (terjemahan bebas) adalah kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian barang ataupun jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang termasuk ke dalam e-commerce contohnya adalah internet. Dalam e-commerce terdapat proses transaksi jual beli layaknya perdagangan konvensional, namun produk yang dijual belikan pada umumnya adalah produk digital yang mana produk tersebut dapat di transfer ke pembelinya dengan menggunakan media internet. Namun saat ini produk tangible juga bisa dijual secara online, hanya proses penjualan dan pembayarannya saja yang dilakukan secara online.

Banner Advertising

Banner Advertising

e-commerce ini pada awalnya muncul pada tahun 1994. Pada awalnya kegiatan e-commerce ini muncul karena ada pemasang iklan yang memasangkan / menaruh e-banner (banner electronic), pemasang iklan yang menaruh banner pada salah satu situs portal di amerika dan banner tersebut akan mengantarkan kita ke situs pemasang iklan apabila kita meng-klik banner tersebut. Kita sebagai penelusur web akan disuguhi berbagai produk menarik dan dapat dibeli secara online. Setelah melakukan transaksi, yaitu, pemesanan dan pembayaran maka penjual akan mengirimkan produk tersebut ke alamat yang kita masukkan ke dalam database mereka.

Para jurnalis dunia mengatakan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Tidak hanya secara internasional, di Indonesiapun pasti akan ikut merasakan manisnya sektor perekonomian ini.

Digital Market dan Transaksi Elektronik

Paypal

Paypal

Indonesia mulai beberapa tahun ini sudah mulai memasuki era pasar digital, dimana konsumen Indonesia sudah banyak menggunakan media elektronik untuk melakukan proses jual beli, baik yang hanya sekedar melakukan pembayaran di ATM dan barang dikirim ke lokasi sampai melakukan proses pembayaran menggunakan dompet elektronik seperti www.paypal.com (international) atau dengan www.payglobalone.com (Indonesia) dan produk dapat di download, seperti e-book dan mp3 music, dll.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini sudah banyak yang mulai melebarkan sayap marketingnya ke arah digital. Pasar digital di Indonesia mulai menanjak di tahun 2009 lalu dan pertumbuhannya juga cukup tinggi. Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pengetahuan di bidang teknologi khususnya teknologi internet menjadikan pendidikan internet untuk usia dini dilakukan di Indonesia, dengan demikian pasar digital di Indonesia menjadi sangat potensial untuk digarap.

Contoh perusahaan yang sudah menyadari akan besarnya potensi pasar digital di Indonesia, sebut saja www.beli-buku.com . mereka sadar akan besarnya potensi digital market atas buku, dengan adanya situs penjualan ini konsumen yang hendak membeli buku tetapi cukup malas untuk keluar rumah, disinilah tempatnya.. asyik bukan??.Gramedia Online

Begitu juga dengan toko buku gramedia, mereka memfasilitasi penjualan buku secara online melalui situs terbarunya yaitu www.gramediaonline.com yang mana pada situs terdahulunya yaitu, www.gramedia.com belum mensuport proses pembelian secara online.

Beberapa Produk Digital

Saat ini produk digital yang populer diperjual belikan antara lain:

  1. Electronic book (e-book). Buku berbasis elektronik yang pada umumnya berupa file .pdf
  2. Mp3 files dan Ring Tone. Produk ini sering diperjual belikan secara gratis di Indonesia walaupun sudah ada Undang-Undang yang mengaturnya.
  3. Computer Software. Produk ini dapat di download setelah kita melakukan proses pembayaran, dapat berupa anti virus, software untuk design dan atau produk pendukung komputer lainnya.
  4. Gambar. Produk ini cukup populer dimana kita akan disuguhkan foto atau gambar menarik lainnya yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi.
  5. Dan banyak produk lainnya yang pada umumnya produk tersebut bisa didownload.

Peran Internet di Sektor Perekonomian Indonesia

Pada era perekonomian konvensional pertukaran informasi antara penjual dan pembeli hanya dapat dilakukan dengan cara bertatap muka langsung atau dengan media telephone, fax, dan sejenisnya. Visualisasi dan personalisasi dari sisi marketing yang saat ini menjadi faktor utama dalam memenangkan hati konsumen belum dilakukan. Saat era konvensional perusahaan harus mengeluarkan biaya yang besar untuk menjangkau konsumen.

Setelah memasuki era modern yakni era digital, setiap unit bisnis saat ini mampu menjangkau konsumen akhirnya dengan cost yang lebih murah, walau kadang untuk memaksimalkan peran media internet ini bisa menjadi biaya yang besar. Namun dari sisi positifnya, konsumen pada era ini adalah konsumen yang haus akan informasi. Mereka membutuhkan informasi yang cepat dan akurat, mereka tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan informasi mengenai harga suatu produk dan juga dimana mereka bisa mendapatkan produk tersebut. Karena itu walau sebuah perusahaan atau unit bisnis sudah mulai menggarap pasar digital belum tentu juga konsumen mereka akan loyal jika kepuasan mereka tidak terpenuhi.

Personalisasi Dalam E-commerce di amazon.com

Di situs penjualan amazon kita sebagai pembeli diberikan fasilitas mendaftar (sign up) di web mereka dan memasukkan data penting kita. Data tersebut berupa nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, negara, kode pos, dll. Kita juga diberikan password untuk login ke dalam akun yang diberikan mereka. Setelah mendaftarkan diri kita sebagai member di amazon.com kita bisa melakukan proses pembelian.

Jika anda pernah melakukan pembelian di amazon.com maka data base mereka akan menyimpan mengenai apa saja produk yang sudah kita beli sebelumnya. Jika saat ini anda kembali lagi ke sana dan pada kunjungan sebelumnya anda membeli produk elektronik berupa mp3 player, maka tidak heran jika pada bagian “Today’s Recommendation For You

Amazon Recommendation

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas (silahkan “klik” pada gambar untuk memperbesar gambar“), amazon menawarkan produk elektroni k berupa GPS karena pada kunjungan sebelumnya user yang bersangkutan mengorder produk terkait. Amazon.com cukup cerdas dalam menawarkan produk kepada pelanggan lamanya, mereka tidak akan menawarkan game PS3 jika pada kunjungan-kunjungan sebelumnya user tersebut tidak pernah mengorder dan bahkan membaca review mengenai PS3, dikarenakan rendahnya potensi pembelian user tersebut untuk membeli produk PS3.

Dengan adanya personalisasi pada konsumen di tingkat individu ini menjadikan media internet adalah media penunjang terbaik yang sampai saat ini masih menduduki peringkat pertama, perusahaan yang sudah melakukan kegiatan ini menunjukkan kesadaran mereka akan pentingnya pelayanan secara personal di tingkat individu, mereka sadar bahwa yang bisa melakukannya untuk skala massal adalah teknologi internet dan mereka tidak ragu untuk mengeluarkan biaya besar demi kenyamanan berbelanja bagi pelanggannya./rheza

Bagi teman-teman yang ingin mendownload versi .pdf silahkan download di sini, terima kasih telah membaca artikelnya 😛

Kata Kunci Pencarian: