Aug 11 2010

Pengertian Redenominasi

Redenominasi

Redenominasi

Pengertian dari “Redenominasi” adalah pemotongan nilai mata uang menjadi lebih kecil dibandingka sebelumnya. Saat ini Indonesia dengan mata uang rupiahnya hendak memotong angka Rp 1.000 menjadi Rp 1. Artinya setiap harga barang yang berharga Rp x akan menjadi Rp x/1.000.

sebagai contoh, jika anda berbelanja ke supermarket untuk berbelanja bulanan, anggap saja Rp 500.000. dengan adanya redenominasi ini anda cukup membayar Rp 500,- lebih simple bukan ? memang sebenarnya redenominasi ini bertujuan untuk mempermudah aktifitas ekonomi khususnya di bidang penghitungan. juga memberikan manfaat untuk lebih menghargai Rp 1. Coba anda bayangkan saat ini Rp 100 saja sudah bisa dibilang tidak berharga.. dengan adanya redenominasi ini diharapkan kita sebagai pengguna Rupiah bisa lebih memanfaatkan setiap nilai Rupiah yang ada. :)

berikut pengertian redenominasi dari wikipedia :

Redenominasi adalah pemotongan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Pada waktu terjadi inflasi, jumlah satuan moneter yang sama perlahan-lahan memiliki daya beli yang semakin melemah. Dengan kata lain, harga produk dan jasa harus dituliskan dengan jumlah yang lebih besar. Ketika angka-angka ini semakin membesar, mereka dapat mempengaruhi transaksi harian karena risiko dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh jumlah lembaran uang yang harus dibawa, atau karena psikologi manusia yang tidak efektif menangani perhitungan angka dalam jumlah besar. Pihak yang berwenang dapat memperkecil masalah ini dengan redenominasi: satuan yang baru menggantikan satuan yang lama dengan sejumlah angka tertentu dari satuan yang lama dikonversi menjadi 1 satuan yang baru. Jika alasan redenominasi adalah inflasi, rasio konversi dapat lebih besar dari 1, biasanya merupakan bilangan positif kelipatan sepuluh, seperti 10, 100, 1.000, dan seterusnya. Prosedur ini dapat disebut sebagai “penghilangan nol”.

Redenominasi Indonesia

Redenominasi Indonesia

Sebagai masyarakat indonesia yang paham atas kegiatan ekonomi sepatutnya kita mendukung program pemerintah untuk melakukan redenominasi agar berjalan dengan baik, diharapkan program ini berjalan sebagaimana yang diharapkan dan tidak mengulang kegagalan yang sudah dilakukan oleh negara di luar sana, seperti Argentina, Zimbabwe, dll

Kata Kunci Pencarian:

One Response to “Pengertian Redenominasi”

  1. Yahya Yahya says:

    dari penyederhanaan nilai memang betul tapi dalam praktek akan mendorong inflasi tinggi dan menghisap cadangan devisa tinggi karena orang indonesia akan tukar mata uang asing dulu.Harga kebutuhan dasar akan meningkat tajam.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Alibi3col theme by Themocracy