Aug 09 2010

Gas Elpiji Pertamina Meledak

Bagaimana Cara Mengantisipasi Ledakan Gas Elpiji ?

Tabung Gas Elpiji Pertamina

Tabung Gas Elpiji Pertamina

Selama beberapa bulan ini masyarakat Indonesia menghadapi permasalahan baru. permasalahan ini sebenarnya sama sekali tidak dibayangkan sebelumnya, yaitu, mudah meledaknya tabung gas elpiji, terutama gas elpiji yang berkapasitas 3 Kg.

permasalahan ini timbul lantaran banyak tabung gas elpiji yang beredar adalah tidak memenuhi standar kualitas. Banyak dari tabung gas ini sudah tidak layak digunakan. berikut informasi penting yang dapat kita gunakan untuk mendeteksi apakah tabung gas elpiji yang beredar layak atau tidak. Tipsnya adalah perhatikan kode yang tertera pada tabung, yaitu kode masa kadaluarsa.

Penulisannya dinamakan “Alfa Code”:

A : masa berlaku dari Bulan Januari – Maret

B : masa berlaku dari Bulan April – Juni

C : masa berlaku dari Bulan Juli – September

D : masa berlaku dari Bulan Oktober – Desember

contoh “B 11″. ini artinya masa kadaluarsa tabung gas ini adalah antara bulan April hingga Juni pada Tahun 2011.

Dengan memperhatikan kode kadaluarsa ini diharapkan kita sebagai pengguna tabung gas dari pertamina dapat mengantisipasi kecelakaan yang mungkin ditimbulkan akibat masa kadaluarsa dari tabung gas

Akibat dari Rusaknya Tabung Gas

Tabung gas yang beredar dengan masa kadaluarsa yang masih aktif tidak menutup kemungkinan akan munculnya ledakan. Pengoperasian pada saat proses pengisian ulang gas juga bisa menjadi faktor penyebab rusaknya tabung gas. Saat ini banyak agen-agen yang melakukan proses pengisian tabung gas dengan cara ilegal. Proses yang dilakukan tidaklah memenuhi standar dari pertamina, hal ini adalah penyebab rusaknya tabung gas walaupun tabung gas ini masih berada pada masa aktif kadaluarsa.

Pengisian Ulang Gas Elpiji 3 Kg

Pengisian Ulang Gas Elpiji 3 Kg

Kebanyakan penyebab kecelakaan yang terjadi di masyarakat saat ini adalah, kurangnya sosialisasi baik dari pihak penyalur maupun dari pihak pertamina tentang gas elpiji. Masyarakat yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan minyak tanah untuk memasak harus di sosialisasikan tentang bagaimana cara atau sifat tabung gas, yang pada dasarnya berbeda dengan minyak tanah.

Banyak orang menanggap bahwa gas elpiji dapat diperlakukan sama seperti minyak tanah.. nah inilah kesalah terbesar..!! tidak ada sosialisasi mengenai gas elpiji yang pada kenyataannya lebih sensitif dan lebih berbahaya.

Kasus yang sering muncul adalah di tengah masyarakat indonesia adalah mereka TIDAK TAHU kalau tabung gas yang mereka gunakan sudah rusak dan sudah BOCOR.. sehingga gas elpiji memenuhi seluruh ruangan, tentu ini adalah sifat dari gas.. kalau minyak tanah kan paling tumpah.. :) . Karena ketidaktahuan masyarakat mengenai sifat gas yang mudah terbakar, mereka tidak tahu bahayanya jika ada “sedikit” saja percikan api dapat menyebabkan ruangan itu terbakar, dan juga membakar dirinya.. sungguh sangat disesalkan jika kasus seperti ini terjadi, padahal seharusnya dapat diantisipasi jika masyarakat tahu apa yang harus dilakukan jika tabung gas mereka bocor. :(

Kata Kunci Pencarian:

Leave a Reply

CommentLuv badge

Alibi3col theme by Themocracy