Category: Islam

Aug 02 2011

Ide Puisi Lucu Untuk Mengucapan Selamat Hari Lebaran!

Ucapan Selamat Hari Lebaran

Ucapan Selamat Hari Lebaran

Assalamu’alaikum.. Selamat hari lebaran! bagi umat muslim yang merayakannya, pada tahun ini tepatnya 1432 H saya mau ucapin selamat hari lebaran jauh jauh hari ya.. hehe, soalnya kalau mepet suka lupa & males nulisnya.

Sebelumnya saya mau jelasin apa itu lebaran. Lebaran itu sebenarnya adalah Idul Fitri yang merupakan salah satu dari 2 hari raya besar umat muslim di dunia. Pada hari raya Idul Fitri atau lebaran kita sebagai ummat Rasulullah sebaiknya mencapai apa yang diharapkan selama menjalani puasa Ramadhan. Seperti yang dikatakan di dalam Alquran Q.S Albaqarah ayat 183, kewajiban puasa kita di bulan Ramadhan hendaknya menjadikan kita menjadi orang yang bertakwa, atau bagi kamu yang sudah merasa bertaqwa, sebaiknya tingkat ketaqwaan kita kepada Allah SWT semakin tinggi.. 🙂

Hihi,, lagi lagi saya mau bicara tentang Indonesia., Di Indonesia memang hari raya Idul Fitri ini emang unik banget, salah satunya yang cuma ada di Indonesia tercinta ini adalah MUDIK! hehe pasti deh, semua orang langsung kepikiran sama yang namanya macet sepanjang jalur pantura., eh jalur selatan kayaknya makin lama makin padet juga tuh.. :p

Paling enak pas mudik itu mampir makan makan di jalan, hoho.. nyam..nyam bakso panaass. Selain makanannya yang enak-enak pemandangan mudik itu yang dahsyat banget,, bayangin aja jutaan kendaraan bareng-bareng menjelajah pulau jawa.. mana ada di negara lain…

Nah ini nih yang paling enak & lucu2 pas menyambut lebaran, biasanya orang-orang pasti lagi pusingin juga mikirin kata-kata buat ngucapin lebaran.. berikut kata-kata ucapan lebaran yang lucu dan asik dari saya.. silakan atuh di pake 🙂 Read more »

Kata Kunci Pencarian:

Mar 05 2011

Kata-Kata Hikmah & Bijak Islam

Kata Kata Hikmah

Kata Kata Hikmah

Keutamaan Ta’at Kepada Allah

Kebahagiaan yang paling bahagia ialah panjang umur dalam ketaatan kepada Allah. (HR. Ad-Dailami dan Al Qodho’i)

Di antara wahyu Allah kepada nabi Dawud As:

Tiada seorang hamba yang taat kepada-Ku melainkan Aku memberinya sebelum dia minta, dan mengabulkan permohonannya sebelum dia berdoa, dan mengampuni dosanya sebelum dia mohon pengampunan (istighfar).” (HR.Ad-Dailami_

Semua umatku masuk surga kecuali Read more »

Kata Kunci Pencarian:

Mar 05 2011

Ketidakberdayaan Peran Para Ulama Besar Indonesia

Oleh      : Prof. Dr. H. Agmad Satori Ismail

Ulama Indonesia

Ulama Indonesia

Sendi stabilitas dunia ada empat: keberdayaan ulama, keadilan para penguasa, kedermawanan orang-orang kaya dan doa para fakir-miskin. Bila salah satu sendi tak berfungsi maka yang terjadi adalah instabilitas dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Ulama secara etimologis adalah jama’ dari kata-kata ‘alim artinya orang yang memiliki ilmu yang membawanya takut hanya kepada Allah. (lihat surat Al Fathir 28)

Keberdayaan ulama maksudnya kemampuan ulama untuk Read more »

Kata Kunci Pencarian:

Feb 11 2011

Mahalnya Biaya Nikah, Kumpul Kebo Jadi Pilihan

Oleh Ust. Drs. Ruswanto Syamsuddin

Pernikahan Islami

Pernikahan Islami

Perkawinan adalah merupakan fitrah (sunnatullah) yang berlaku bagi semua makhluk yang hidup di muka bumi ini, seperti manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Allah SWT berfirman “Maha suciTuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.” (WS. Yasiin/36:36). Firman Allah: ”Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”(QS. An-Nisaa/4:1). Dalil-dalil tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT telah menjadikan semua makhluk hidup di muka bumi ini berpasang-pasangan (Jodoh). Namun secara syar’i bahwa pasangan (jodoh) bagi manusia adalah melalui nikah. Mengapa demikian? Karena:

Pertama, manusia diberi kelebihan akan, yang dengan akal itu manusia bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, mana yang manfaat dan mana yang mudharat. Maka kepada mansia, Allah SWT memberikan aturan-aturan, termasuk aturan dalam berumah tangga.

Kedua, Allah SWT menghendaki kepada manusia keturunan (generasi yang jelas, jelas siapa bapaknya dan siapa ibunya.

Ketiga, Read more »

Kata Kunci Pencarian:

Aug 16 2010

Cara Belajar Membaca Alquran dengan Benar dan Cepat

Belajar Membaca Al Quran

Belajar Membaca Al Quran

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Di dalam bulan Ramadhan 1431 H ini ada baiknya jika saya berbagi sedikit ilmu tentang cara belajar membaca alquran dengan benar dan cepat. Berikut sedikit uraian singkat dari saya mengenai bagaimana cara agar kita bisa membaca alquran dengan benar. Ada 5 hal penting yang harus diperhatikan agar bisa membaca alquran dengan baik dan fasih.

  1. pertama-tama kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf. Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia. jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, hal ini merupakan modal utama kita untuk bisa membaca alqur’an, karena isi alquran adalah bacaan yang didalamnya tersusun dari 28 huruf hijaiyyah.
  2. setelah faham dan mampu membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, tahapan selanjutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu, fathah, kasrah, dan dhommah. Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tiga tanda baca yang disebutkan tadi mirip halnya dengan huruf vokal yang ada di bahasa indonesia.
  3. menguasai atau paling tidak mengetahui mengenai isyarat baca di dalam alquran. didalam tata cara membaca alquran ada banyak isyarat tanda baca, seperti, Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dll. Isyarat baca ini memang tidak sering muncul di dalam alquran, frekuensi kemunculannya sedikit, namun hal ini penting diperhatikan dan dipelajari karena jika tidak kita belum bisa dikatakan fasih membaca alquran kalau tidak memperhatikan isyarat baca ini.
  4. yang ke-4 adalah mengetahui dan Read more »

Kata Kunci Pencarian:

Alibi3col theme by Themocracy